BB300


Lokomotif BB 300 adalah lokomotif diesel hidraulik pertama di Indonesia buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupunkereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam. Lokomotif ini bergandar B’ B’, artinya lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.

Lokomotif ini terdapat di beberapa dipo lokomotif, antara lain :

  • Dipo Lokomotif Bandung
  • Dipo Lokomotif Tanah Abang
  • Dipo Lokomotif Semarang Poncol
  • Dipo Lokomotif Solo
  • Dipo Lokomotif Kutoarjo

profil Lokomotif BB300

  • Dimensi
  1. Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
  2. Panjang body: 10000 mm
  3. Jarak antara alat perangkai: 11890 mm
  4. Lebar badan (body): 2720 mm
  5. Tinggi maksimum: 3700 mm
  6. Jarak gandar: 3200 mm
  7. Jarak antar pivot: 5000 mm
  8. Diameter roda penggerak: 904 mm
  9. Diameter roda idle: –
  10. Tinggi alat perangkai: 760 mm
  • Berat
  1. Berat kosong: 33,6 ton
  2. Berat siap: 36 ton
  3. Berat adhesi: 36 ton
  • Motor Diesel
  1. Tipe: (MB) 820 B, Maybach Mercedes Benz
  2. Jenis: 4 langkah
  3. Daya Mesin: 680 HP
  4. Daya ke generator/converter: 625 HP
  • Motor Traksi/Converter
  1. Jumlah motor traksi: 1
  2. Tipe motor: Krupp 2 WZLI – 15
  • Performansi
  1. Kecepatan maksimum: 75 km/jam
  2. Gaya tarik maksimum (adhesi): 9560 Kgf
  3. Kecepatan minimum kontinu: 10 km/jam
  4. Jari-jari lengkung terkecil: 80 m
  • Kapasitas
  1. Bahan bakar: 1500 liter
  2. Minyak pelumas: 120 liter
  3. Air pendingin: 450 liter
  4. Pasir: 350 liter
  5. Minyak transmisi: 300 liter
  • Lain-lain
  1. Sistem rem: udara tekan, parkir
  2. Tipe kompresor: Erchard & Schmer Westinghouse ISO 105
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s