BB303


Lokomotif BB303 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1010 HP ( beberapa unitnya bertenaga 1200-1300 HP ). Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam. Lokomotif ini bergandar B’ B’, artinya lokomotif ini memiliki dua bogie di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan. Terdapat 57 lokomotif BB303 di Indonesia, namun ada yg sdh tidak beroperasi karena faktor usia (di antaranya BB303 11, BB303 28, BB303 29, & BB303 41) ketidaktersediaan suku cadang pengganti (di antaranya BB303 04, BB303 06 – BB303 09, BB303 12, BB303 37, BB303 39, & BB303 53), & rusak berat (di antaranya BB303 02, BB303 03, BB303 16 (Tragedi Bintaro), & BB303 42). Mayoritas lokomotif ini berada di dipo lokomotif Medan.

Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Medan (di antaranya BB303 08 (BB303 73 03), BB303 10 (BB303 73 04), BB303 19(BB303 75 01), BB303 20 (BB303 76 01), BB303 22 (BB 303 78 01), BB303 23 (BB303 78 02), BB303 24 (BB303 78 03), BB303 26 (BB 303 78 05), BB303 27 ( BB303 78 06), BB303 33 ( BB303 78 07), BB303 35 ( BB303 78 09), BB303 36(BB303 78 10 ), BB303 43 (BB303 84 01), BB303 44 (BB303 84 02), BB303 47 (BB303 84 04), BB303 51 (BB303 84 08), & BB303 57 (BB303 84 12).

dipo lokomotif Padang (di antaranya BB303 25 (BB303 78 04), BB303 46 (BB303 84 03), BB303 48 (BB303 85 05), BB303 50 (BB303 84 07), BB303 52 (BB303 84 09), dan BB303 54 ( BB303 84 07)).

dipo lokomotif Tanah Abang BB303 49 (BB303 84 06).

dan dipo lokomotif Jember BB303 01 (BB303 73 01) dan BB303 38 (BB303 80 01)Keterangan: Yang dicetak tebal pada tabel di atas adalah nomor baru sesuai dengan amanat Peraturan Kementerian Perhubungan RI No. 45/2010.

profil Lokomotif BB303

  • Dimensi
  1. Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
  2. Panjang body: 11200 mm
  3. Jarak antara alat perangkai: 12320 mm
  4. Lebar badan (body): 2800 mm
  5. Tinggi maksimum: 3690 mm
  6. Jarak gandar: 2200 mm
  7. Jarak antar pivot: 5800 mm
  8. Diameter roda penggerak: 904 mm
  9. Diameter roda idle: –
  10. Tinggi alat perangkai: 760 mm (+15, -10 mm)
  • Berat
  1. Berat kosong: 39,6 ton
  2. Berat siap: 42,8 ton
  3. Berat adhesi: 42,8 ton
  • Motor Diesel
  1. Tipe: MTU 12 V 493 TW 10
  2. Jenis: 4 langkah, turbocharger
  3. Daya Mesin: 1010 HP
  4. Daya ke generator/converter: 940 HP
  • Motor Traksi/Converter
  1. Jumlah motor traksi: 1
  2. Tipe motor: Voith L 520 r u 2
  • Performansi
  1. Kecepatan maksimum: 90 km/jam
  2. Gaya tarik maksimum (adhesi): 8998 Kgf
  3. Kecepatan minimum kontinu: 14 km/jam
  4. Jari-jari lengkung terkecil: 80 m
  • Kapasitas
  1. Bahan bakar: 1700 liter
  2. Minyak pelumas: 170 liter
  3. Air pendingin: –
  4. Pasir: 285 liter
  5. Minyak transmisi: 260 liter
  • Lain-lain
  1. Sistem rem: udara tekan, rem parkir
  2. Tipe kompresor: Knorr VV 450 / 150
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s