Railfans


Basic Hunting Railway Fotography

Tak terasa sudah setahun saya menulis di rubrik fotografi di majalah MKA. Setelah setahun kita membahas tentang teknik , komposisi, editing hingga kamera sekarang coba kita mengulas fotografi kereta api dari sudut non teknis. Basic Hunting, seperti yang sering kita dalam hunting kadang kita masih sering melupakan basic hunting (dasar-dasar hunting), seperti persiapan, etika, perizinan, peralatan dan yang paling penting keselamatan. Untuk itu mari kita ulas satu persatu.

Persiapan
Point ini paling mendasar dan paling umum jika dikaitkan dengan fotografi secara umum. Pertama-tama siapkan fisik, mental kita. Jika terasa badan tidak sehat jangan memaksakan diri untuk hunting. Karena kita akan berjalan sepanjang rel ke tempat spoting yang kita tuju, ini membutuhkan kekuatan fisik yang prima.

Equipment
Siapkan peralatan hunting baik itu kamera, baterai, charger, asesoris, peta, gapeka dan peralatan pembersihnya . Kedua peralatan pribadi seperti jaket, pakaian ganti, sepatu, topi, uang sesuai kebutuhan, obat-obatan P3K. Karena kita hunting sering di alam terbuka tidak ada salahnya membawa jas hujan atau rain coat. Begitu pula dengan tabir surya dan lotion anti serangga karena kita sering berada di tempat terbuka.

Akomodasi
Yang di maksud akomodasi disini adalah tempat yang kita tuju, termasuk perizinan, tempat menginap dan sebagainya harus disiapkhan apakah kita akan menginap di stasiun, penginapan ato “nebeng” sama temen RF, atau kita one day trip aja. Misalnya jika kita ingin hunting di stasiun usahakan izin dengan pihak-pihak terkait seperti Kepala Stasiun, PPKA, Keamanan dan lebih baik menghubungi Humas daop setempat. Apalagi jika kita berniat hunting di tempat-tempat yang tertutup seperti dipo, balai yasa dan INKA.

Etika
Poin yang satu ini kadang masih sering di sepelekan dan dianggap tidak ada bagi sebagian RF di Indonesia. Etika sangatlah penting karena dari sini tingkah laku , tata cara, dan kesopanan kita di tempat hunting dinilai dan bisa berakibat baik jika kita ber etika dan berakibat di cap jelek jika kita tidak ber etika. Saya gambarkan di sini misalnya kita ingin hunting di lintas diantara petak dua setasiun, sebelumnya kita harus memberitahu setasiun terdekat dengan lokasi hunting kita. Misalnya kita ingin hunting di jembatan serayu berarti stasiun terdekatnya stasiun Kebasen. Tujuannya agar pihak terkait mengetahui kegiatan kita disamping faktor “tata karma dan sopan santun”, bisa di bilang kita seperti bertamu ke rumah orang, maka sopan santun harus tetap dijaga.

Safety
Poin ini yang paling penting, karena menyangkut keselamatan diri kita dan orang lain serta perjalanan dan kelancaran kereta api tentunya. Keselamatan diri kita tergantung dari kita sendiri bukan dari orang lain, yang pertama usahakan jika pergi hunting lebih dari satu orang, kalou pun harus sendiri kita harus memperhatikan dan terus waspada terhadap lingkungan sekitar. Misalnya Usahakan hunting di lintas pada siang hari, tidak memakai head phone pada saat berjalan di lintas KA, tidak menyebrangi terowongan jika tidak perlu, tidak menyeberang jembatan jika tidak perlu, tidak menaiki tiang sinyal atau apapun yang berkaitan dengan semboyan dan perjalanan KA karena dapat menggagu Perka. Tidak mengambil spot yang begitu extreme misalnya di atas poon, diatas sinya, di bibir jurang bahkan di tengah rel. Dan satu lagi yang tidak kalah penting selalulah “permisi “ di manapun kita akan hunting guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan baik secara logis atopun spiritual.
Itulah poin-pon penting dari dasar-dasar Hunting KA yang sering kita lakukan, tujuannya antara lain mengatur kita agar kegiatan kita dapat kita lakukan menjadi baik dan terus lebih baik, salam dan selamat berburu kereta api.

*Ifan Triyanto

Sumber : semboyan35.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s